Biografi Direktur Pondok

BIOGRAFI PIMPINAN PONDOK

Ustadz H. Abdul Baits Muchtar, Lc. MA

Nama lengkapnya, Abdul Baits Muchtar, atau yang biasa disapa Ustadz Baits, lahir di Desa Kedung Malang Kedung Jepara Jawa Tengah, pada tanggal 12 Desember 1971. Tinggal di tempat kelahirannya selama 12 tahun, kemudian menghabiskan waktunya di beberapa daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Negara Arab /Timur Tengah, dan Jakarta. Setelah menyelesaikan Pendidikan sekolah dasarnya di SD 1 Kedung, kemudian melanjutkan SLTP di MTs An-Nawawi dan bermukim di Pondok Pesantren “Sabilul Hadi” Surodadi Kedung Jepara. Orang tua Pimpinan pondok termasuk orang yang fanatik agamanya kuat dan melarang anak-anaknya melanjutkan belajanya ke pendidikan formal, kecuali harus di Pesantren. Sehingga semua saudara kandung Pimpinan pondok yang berjumlah 7 orang belajarnya di pesantren, kecuali Pimpinan pondok sendiri, yang sekolah di Aliyah formal namun tetap bermukim di Pesantren “Mahir Ar-Riyadh Pare Kediri Jawa Timur. Itupun tanpa sepengetahuan orang tua.

Karena kondisi ekonomi keluarga yang kurang mampu, bapaknya seorang guru madrasah dan ibunya guru ngaji di kampung, sehingga memaksa Ustadz Baits untuk melanjutkan sekolahnya tingkat menengah Aliyah sambil bekerja mengurus kebon kyai. Namun hikmahnya, sambil menunggu kebon itu, Beliau gunakan untuk menghafal kitab “Alfiyah Ibnu Malik”, yaitu kitab seribu bait syair tentang kaidah bahasa Arab. Dan dalam ikut perlombaan hafalan kitab ini, beliau dinyatakan sebagai pemenang juara I, sehingga berhak mendapatkan beasiswa hingga selesai Aliyah. Dan setelah tamat Aliyah tahun 1990, Ustadz melanjutkan studinya di beberapa pesantren, di antaranya Darul Ulum Jombang dan Salafiyah sukorejo Situbondo. Dan kemudian mengajar selama 4 tahun di Pondok Pesantren “Darul Lughah” Raci Bangil Pasuruan Jatim.

Pada tahun 1995, Pimpinan pondok melanjutkan studinya S1 dengan beasiswa dari IUA (International University of Africa) Khartoum Sudan, lewat ujian di Kedutaan Sudan untuk Jakarta. Dan sambil membantu mengajar di Dharma Wanita di KBRI Khartoum, sejak 1997-2001, Pimpinan pondok dapat menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Tarbiyah tahun 1998 dengan memperoleh yudisium Very Good. Sedangkan beasiswa S2-nya diperoleh dari Kementerian Pendidikan Tinggi Sudan, sehingga bisa meraih gelar MA (Master of Art) dalam Fakultas Bahasa Arab tahun 2001 di Universitas yang sama, dengan yudisium Very good. Di samping itu, Beliau juga menyelesaikan Diploma Tinggi, Pra Master, pada jurusan Diplomatic Studies di Kementerian Luar Negeri Sudan.

Kegiatan Pimpinan Pondok yang pernah ditekuni, diantaranya: Pengelolah Pesantren “Khulafaur Rasyidin” Pontianak Kalbar, Pimpinan lembaga LCIS (Language Club and Islamic Studies) di JKT, pengurus ikatan da’i di JKT, Penterjemah Duta Besar Arab Saudi di Jakarta, pengurus Pusat LF-PBNU Jakarta, dan menjadi Tim Ahli untuk kurikulum beberapa Pesantren Modern, serta mengisi kajian di beberapa majelis taklim.

Saat sekarang, disamping fokus untuk menjadi Pimpinan Pon-Pes Al-Buruj, beliau juga mengasuh beberapa majlis taklim, baik dari kalangan remaja, bapak-bapak maupun ibu-ibu, serta ikatan da’i di sekitar Jepara.

Karya tulis:

Buku-buku atau karya tulis yang telah dikarang oleh Pimpinan Pondok diantaranya adalah;

1. Metode Pengajaran Bahasa Arab.

2. Hidup adalah seolah-olah: tentang mengelolah hati dan adat yang salah kaprah.

3. Kamus Kata Kerja Arab-Indonesia Lengkap.

4. Metode Menterjemahkan Al-Qur’an.

5. Cahaya Kehidupan.

6. Dan banyak buku yang telah diedit serta diterjemahkan oleh beliau.

7. Al-Qoshirah Fi Ahaaditsil Mukhtaroh (kumpulan 350 Hadits Hafalan).

8. Mozaik SMS Pencerah Qalbu : Kisi-Kisi Mutiara Renungan Spiritual

9. At-Tashiil Fi Tarjamati Ma’ani At-Tanziil (Tafsir Juz Amma).

10. Syairan Nahwu & Shorof (Bisa di download di internet gratis).

Mini Galeri

Ponpes Modern Al Buruj

  • Alamat: Jl. Raya Jepara-Kudus KM 10 Cemara Kembar Ngabul Tahunan Jepara Jawa Tengah Indonesia.
  • Telepon: (0291) 344 344 1.
  • Hp: 0877 80000 667.
  • Website: www.ponpes-alburuj.com